Senin, Juni 08, 2009

Pemeliharaan Kesehatan Dalam Lingkungan

Agama Islam mengajarkan agar kita senantiasa menjaga kebersihan. Diantaranya dengan mandi dan berwudhu.

Sedangkan yang dikehendaki dengan bersih adalah kebersihan jasmani, pakaian, dan kebersihan jalan, rumah, saluran air serta kebersihan makanan dan minuman. Oleh karenanya, janganlah kita menganggap bahwa kebersihan hanya diperlukan ketika akan melaksanakan shalat atau ibadah lainnya. Tujuannya adalah agar kesehatan kita terpelihara, sehingga kita dapat beribadah kepada Allah dengan lancar. Jika kesehatan terganggu, maka tidak akan dapat melaksanakan segala kegiatan dengan baik.

Diantara usaha memelihara kesehatan adalah dengan sanitasi lingkungan. Sanitasi lingkungan adalah menciptakan lingkungan yang sehat dan bebas dari penyakit. Hal ini hanya akan dapat dicapai dengan kebersihan yang sempurna. Sanitasi lingkungan merupakan unsur penting dalam menjaga lingkungan ( ath-thib al wiqa'i).

Sanitasi lingkungan sangat penting bagi kita terutama dalam penyediaan air bersih, pembuangan kotoran, pemberantasan nyamuk, lalat, tikus, dan pencegahan penyakit menular serta keadaan perumahan yang baik dan sehat agar tetap terjamin kesehatan lingkungan yang baik. Sesungguhnya kebersihan sangat bermanfaat untuk kesehatan kita semua.

Adalah kewajiban kita bersama untuk menciptakan lingkungan yang bersih. dalam kehidupan bermasyarakat. Kita perlu menyadari bahwa lingkungan yang baik dan bersih penting untuk kesehatan. Banyak sekali timbul berbagai penyakit di masyarakat yang berjangkit secara epidemik, yang sebetulnya hal ini dapat dicegah kalau kesehatan lingkungan cukup baik. Penyakit usus yang berbahaya seperti tipes, diare, muntaber dan kolera serta flu burung yang masih banyak menimbulkan kematian, dapat dikurangi dan dicegah kalau saja kita membiasakan diri dengan menjaga kebersihan makanan dan minuman. Demikian pula penyakit pernapasan seperti Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) dapat dikurangi dan dicegah kalau saja kita membiasakan diri dengan menghirup udara yang bersih.

Kita dapat memulai menjaga kebersihan lingkungan dari dalam rumah, rukun tetangga, dan desa. Kebiasaan gotong royong membersihkan lingkungan merupakan kebiasaan yang baik, dan hal ini menunjukkan kepedulian kita terhadap kebersihan lingkungan. Sebab lingkungan yang kotor bukan saja membahayakan diri sendiri dikarenakan berjangkitnya penyakit, namun juga membahayakan/merusak lingkungan hidup dan tidak sedap dipandang..

Berkait dengan kebersihan lingkungan, Rasulullah SAW mengajarkan kepada kita antara lain :

Pertama, perintah menjaga kebersihan rumah dan lingkungannya. Rasulullah SAW bersabda :

"Sesungguhnya Allah itu baik, menyukai kebaikan. Allah itu bersih dan menyukai kebersihan. Allah itu mulia dan menyukai kemuliaan, maka bersihkan halaman rumahmu dan lingkunganmu (HR.Al Hakim)"

Hadist ini dengan tegas memerintahkan ummmat manusia, dan ummat Islam khusunya agar senantiasa menjaga kebersihan tempat tinggal dan lingkungan. Bahkan Rasulullah SAW melarang kita menumpuk sampah sebagaimana kebiasaan kaum Yahudi, sebagaimana sabdanya :

"Bersihkanlah halaman rumahmu dan janganlah menyerupai kaum Yahudi yang suka mengumpulkan sampah di lingkungan rumah mereka (HR. Al Hakim)"

Dikisahkan bahwa pada masa itu orang-orang Yahudi suka membuang sampah ke jalanan atau meletakkan begitu saja di halaman rumah mereka, padahal sampah itu mengganggu khalayak yang lewat dengan bau yang tidak sedap.

Kedua, perintah membersihkan jalanan. Rasulullah mendorong kaum muslimin untuk rajin membersihkan lingkungan sekitarnya, sebagaimana sabdanya :

"Barangsiapa menyebut nama Allah dan mengangkat batu, pohon, atau tulang belulang dari tempat berlalunya manusia, maka sama halnya ia berjalan dan sungguh ia telah menjauhkan diri dari api neraka (HR. Hakim)"

Yang dikehendaki dari hadist ini adalah sampah, kotoran ataupun segala hal yang membuat lingkungan tidak ASRI (Aman, Sehat, Rapi dan Indah). Dalam riwayat lain menyebutkan bahwa Rasulullah melarang orang meludah, membuang kotoran dan kencing di tempat umum. Semua ini menunjukkan perhatian Rasulullah yang besar terhadap pemeliharaan kebersihan lingkungan. Sebab timbulnya penyakit, bukan saja menjadikan kesusahan bagi penderita, namun juga lingkungannya. Sebaliknya, jika lingkungan bersih maka semua pihak akan merasakan kebahagiaan bersama.

Diantara usaha-usaha memelihara kebersihan lingkungan antara lain :
· Penyediaan air bersih untuk keperluan minum, memasak dan mencuci.
· Penyediaan tempat pembuangan kotoran atau tempat membuang sampah..
· Kebersihan tempat tinggal.
· Pembuatan dan penyediaan aliran air yang baik dan memenuhi syarat, dan
· Menghindari polusi udara.

Untuk itu marilah membiasakan diri dengan usaha-usaha yang dapat mewujudkan kesehatan lingkungan. Tidak sulit apabila kita bersungguh-sungguh niat ikhlas melaksanakan perintah Allah dan Rasulullah di dalam memelihara kebersihan lingkungan. Sebab sekiranya kita tidak melaksanakannya, maka kita semua akan mengalami kerugian.

Banyak tenaga, dana dan pikiran yang harus dikeluarkan manakala kesehatan masyarakat terganggu. Seperti kata pepatah "Menjaga lebih baik daripada mengobati." Maka, sebelum lingkungan kita tercemari oleh berbagai bibit penyakit, janganlah kita berputus asa untuk selalu berusaha mewujudkan kebersihan lingkungan. Lingkungan yang Aman, Sehat, Rapi dan Indah (ASRI) akan membuat kita semua bersemangat dan merasa nyaman.

Ya Allah jadikanlah kami orang-orang yang bersih dan jadikanlah kami orang-orang yang bertobat. Jadikanlah kami orang-orang yang bersih, dan jadikanlah kami hamba-hambaMu yang mengerjakan amal shalih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar