Senin, Juni 08, 2009

Memanfaatkan Senja Keluarga

Allah SWT memerintahkan kepada hambaNya agar senantiasa memperhatikan keluarganya. Bentuk perhatian ini tidak saja diwujudkan dengan memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti pangan, sandang dan kesehatan. Allah SWT memerintahkan orang-orang yang beriman agar menjaga diri dan keluarganya dari api neraka.

"Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan (Q.S. At Tahrim:6)"

Untuk mewujudkan perintah ini, kita memerlukan usaha yang serius agar keluarga kita terbebas dari siksa neraka yang dahsyat. Diantara usaha ini adalah meningkatkan pendidikan iman dan taqwa di dalam keluarga melalui senja keluarga yang diisi dengan kegiatan membaca dan memahami kitab suci Al Qur'an.

Kegiatan membaca dan memahami firman Allah SWT dapat dilakukan dengan anggota keluarga ataupun teman-teman sebaya. Kita ambil contoh waktu Maghrib. Sesudah shalat berjama'ah maghrib kita dapat berkumpul dengan keluarga untuk membaca Al Qur'an dan terjemahannya beberapa ayat. Tidak hanya membaca Al Qur'an, saat-saat bersama keluarga juga dapat digunakan untuk berdiskusi dan membicarakan hal-hal yang berhubungan dengan iman dan taqwa kita.

Waktu Maghrib, merupakan salah satu waktu yang tepat untuk berkomunikasi dengan keluarga. Keluarga bisa berkumpul di rumah. Kalau tidak shalat jama'aah di masjid, atau mushalla, bisa shalat berjama'ah di rumah, berdzikir dan membaca Al Qur'an beserta terjemahannya.

Pada saat membaca Al Qur'an inilah, kita dapat merenungi sikap dan perbuatan dalam aktifitas sehari-hari : apakah lebih baik, ataukah lebih buruk, ataukah biasa-biasa saja tanpa perubahan. Umpamanya seorang pedagang : apakah timbangannya lebih baik, tidak curang ataukah curang. Renungan yang dilakukan terus menerus ini akan memberi pencerahan dalam pikiran dan jiwa kita sehingga terdorong untuk melakukan hal-hal yang lebih baik bagi keluarga dan orang lain.
"Senja Keluarga" yang telah menjadi himbauan pemerintah daerah Kab. Wonosobo dan telah disepakati oleh tokoh-tokoh agama, merupakan usaha meningkatkan kualitas iman dan taqwa di dalam keluarga. Meskipun hanya satu hingga satu setengah jam setiap harinya, namun jika setiap keluarga membiasakan diri dalam pertemuan keluarga disertai membaca dan memahami firman-firman Allah, niscaya Allah akan menganugerahkan barakah yang sangat banyak di dalam keluarga.

Allah SWT berfirman dalam surat Shaad, ayat 29 :
"Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatnya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai pikiran."

Barakah yang diperoleh dari Al Qur'an adalah barakah rohani. Dengan sering membaca dan memahami firman-firman-Nya, hati dan pikiran kita akan dituntun pada kebenaran, sehingga di dalam setiap aktifitas kehidupan kita, senantiasa menempuh jalan kebenaran yang diridhai Allah SWT. Jika orang-orang yang beriman menempuh jalan lurus, sudah barang tentu kehidupan di dalam keluarga maupun masyarakat akan semakin lebih baik. Hanya ketaatan kepada Allah dan rasulNya yang akan menjamin kesejahteraan dan kebajikan di dalam kehidupan kita.

Rasa takut kita kepada Allah, akan menuntun kita memperbaiki hidup dan terus berusaha meningkatkan kehidupan yang lebih baik. Sebab Allah sama sekali tidak pernah memerintahkan berbuat keji yang mengakibatkan kerugian dan kerusakan di dalam diri, keluarga, masyarakat, bangsa dan Negara. Allah SWT berfirman dalam surat Al A'raf, ayat 28, yang artinya :
Dan apabila mereka melakukan perbuatan keji, mereka berkata: "Kami mendapati nenek moyang kami mengerjakan yang demikian itu, dan Allah menyuruh kami mengerjakannya. Katakanlah: "Sesungguhnya Allah tidak menyuruh (mengerjakan) perbuatan yang keji." Mengapa kamu mengada-adakan terhadap Allah apa yang tidak kamu ketahui?


Kalau kita membiasakan berkumpul bersama keluarga dalam komunikasi yang berkualitas, tentu sangat bermanfaat. Hubungan antara orangtua dan anak yang semula renggang bisa diperbaiki, hubungan antara suami-isteri yang kurang harmonis pun dapat diperbaharui dalam iman dan taqwa. Keluarga yang membiasakan membaca Al Qur'an, Insya Allah akan mendapat banyak barakah. Barakah ini tidak harus dalam bentuk material, namun juga hal lain seperti kesehatan, ampunan Allah, do'a para malaikat, harmoni keluarga dan anak-anak yang berakhlak al karimah. Kekayaan berupa budi pekerti mulia anak-anak kita; tidak ternilai dengan uang.

Dan hendaknya kita membiasakan membaca Al Qur'an. Rasulullah SAW bersabda :
"Orang yang membaca al Qur'an dan mengamlaknnya kelak di hari kiamat akan dikumpulkan bersama dengan orang-orang yang mulia. Dan orang yang membaca Al Qur'an dengan gagap dan agak berat lidahnya, maka baginya tetap mendapatkan pahala." (HR. Bukhari).

Oleh karena itu, marilah kita istiqamah di dalam membangun kualitas keluarga melalui kegiatan senja keluarga. Hal ini demi kebaikan anak-anak dan keluarga kita. Marilah kita laksanakan tanpa merasa terpaksa guna menjaga iman dan taqwa keluarga kita.Ya Allah, jadikanlah Al Qur'an syafa'at dan penutup atas segala aib. Dan jadikanlah Al Qur'an penerang di dalam kegelapan akhirat. Ya Allah, karuniakanlah rahmat Al Qur'an kepada kami. Amin Ya Rabb al alamin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar